News

Corsair iCUE H115i ELITE CAPELLIX AIO Pendingin CPU Buka Kotak dan Tinjau

Pendingin CPU Corsair iCUE H115i ELITE CAPELLIX AIO

Corsair secara perlahan meluncurkan CAPELLIX ARGB LED ke dalam produknya, sejak debutnya di CES 2019. Pendingin CPU iCUE H115i ELITE CAPELLIX AIO yang baru adalah yang terbaru untuk mendapatkan peningkatan visual.

membongkar

Pendingin CPU Corsair iCUE H115i ELITE CAPELLIX AIO

H115i ELITE CAPELLIX (CW-9060047-WW) dikirimkan dalam kotak karton kuning neon yang panjang. Spesifikasi teknis dan fitur dicetak pada beberapa daftar, diterjemahkan ke dalam bahasa yang berbeda. Semua prosesor dan soket CPU yang didukung tercantum dengan jelas di samping kotak. “SUPER CHILLED” adalah motto produk refrigerasi Corsair.

Pendingin CPU Corsair iCUE H115i ELITE CAPELLIX AIO

Semuanya dibungkus dalam kantong plastik terpisah dan dikemas di dalam baki karton yang dapat didaur ulang biasa.Ada tambahan potongan styrofoam di atasnya untuk perlindungan tambahan.

Pendingin CPU Corsair iCUE H115i ELITE CAPELLIX AIO

Dua kipas ML140 RGB disediakan untuk radiator 280mm. Pendingin dapat dipasang pada sebagian besar soket CPU AMD dan Intel pada platform mainstream dan HEDT, termasuk LGA1200, LGA2066, AM4, dan sTRX4 / TR4 (Threadripper). Pelat atas akrilik ekstra dan kunci allen kecil digunakan untuk mengganti pelat atas unit pompa CPU, jika Anda ingin menampilkan lebih banyak pencahayaan RGB.

Tidak seperti model Corsair AIO sebelumnya, H115i ELITE CAPELLIX membutuhkan pengontrol Commander CORE agar berfungsi dengan baik secara maksimal, yang menghubungkan blok CPU dan kipas ke perangkat lunak iCUE komputer.

Pendingin CPU Corsair iCUE H115i ELITE CAPELLIX AIO

Pendingin CPU Corsair iCUE H115i ELITE CAPELLIX AIO

H115i ELITE CAPELLIX menggunakan pompa air berdesain CoolIT yang identik dengan H150i RGB PRO XT. Motor pompa berputar pada sekitar 2200 RPM dalam tolok ukur kami, yang diklaim Corsair dapat menghasilkan laju aliran hingga 0,82 liter per menit.

Blok CPU berbentuk segi delapan sedikit lebih tinggi dari model sebelumnya, karena penambahan modul LED CAPELLIX baru di atas unit pompa, yaitu sekitar 1/3 dari total ketebalan. Ada 33 LED CAPELLIX super terang di blok CPU saja. Pelat atas akrilik yang dapat diganti memungkinkan pencahayaan RGB bersinar. Tidak dapat menemukan port Micro USB.

Pendingin CPU Corsair iCUE H115i ELITE CAPELLIX AIO

Basis kontak CPU terbuat dari tembaga berlapis non-nikel (56mm x 56mm), di mana beberapa bekas mesin kecil masih dapat terlihat di permukaan. Menurut Corsair, pelat dingin memiliki hingga 128 sirip mikro per inci untuk mentransfer panas lebih baik dari prosesor, yang dimaksudkan untuk meningkatkan luas permukaan tanpa menghalangi aliran air / cairan. Kami telah mengganti pasta termal pra-aplikasi dengan Noctua NT-H1 untuk mencapai konsistensi dasar.

Pendingin CPU Corsair iCUE H115i ELITE CAPELLIX AIO

H115i ELITE CAPELLIX memiliki radiator aluminium standar setebal 280mm, berukuran panjang 317mm, lebar 137mm, dan tebal 27mm. Terdapat 14 baris sirip pendingin, dengan kerapatan sirip sekitar 19-20 fins per inch (FPI).

Pendingin CPU Corsair iCUE H115i ELITE CAPELLIX AIO

Tabung karet dikepang EPDM (Ethylene Propylene Diene Monomer) berdiameter 10mm dan panjang 360mm, yang sangat fleksibel.

Pendingin CPU Corsair iCUE H115i ELITE CAPELLIX AIO

H115i ELITE CAPELLIX dilengkapi dengan dua kipas ARGB ML140 (RWF0042 / 31-005995) untuk pendinginan. Kipas dilengkapi dengan bantalan levitasi magnetik untuk mengurangi gesekan dan memperpanjang masa pakai. Ini dinilai untuk beroperasi dari 400 RPM hingga 2000 RPM, yang dapat menghasilkan hingga 63 CFM aliran udara dan tekanan udara 3,0 mmH2O. Pencahayaan RGB dihasilkan melalui delapan LED biasa di sekitar poros motor, bukan LED CAPELLIX. Tidak ada bantalan anti-getaran di sudut-sudutnya.

Pendingin CPU Corsair iCUE H115i ELITE CAPELLIX AIO

Ada dua kabel yang keluar dari blok CPU, yang harus dicolokkan oleh konektor 22-pin berpemilik ke pengontrol Commander CORE. Konektor 3-pin lainnya digunakan untuk memberikan daya tambahan ke pompa air.

Pencahayaan RGB yang dapat dialamatkan pada H115i ELITE CAPELLIX cerah dan bersemangat. Cahaya tersebar merata di seluruh blok CPU. Perubahan ke pelat atas transparan memungkinkan cahaya bersinar lebih terang. Ada beberapa titik pencahayaan di sekitar poros motor kipas, meskipun bilah kipasnya tembus cahaya / buram. Transisi efek mulus tanpa kedipan yang mencolok.

Memeriksa

Kami telah memperbarui tes pendingin CPU kami untuk lebih mencerminkan kinerja pendinginan pendingin di dunia nyata.

Metodologi pengujian

Untuk mengetahui cara kerja chiller, total tiga tolok ukur disertakan. AIDA64 digunakan untuk menjalankan tes stres CPU. CPU, FPU, dan cache sistem semuanya ditekankan untuk menghasilkan output panas sebanyak mungkin. Selain itu, Cinebench R15 dan Cinebench R20 digunakan untuk mensimulasikan beban CPU dunia nyata (seperti pengeditan atau rendering video). Ini akan berjalan terus menerus tiga kali. Suhu lingkungan sekitar 17°C.

Hasil akan diambil pada kecepatan kipas 50% dan 100%, dikontrol melalui header PWM CPU motherboard. Tes stres akan berjalan setidaknya selama 15 menit. Setelah CPU mencapai suhu keseimbangan, kami akan mencatat suhu rata-rata dan tertinggi. paket CPU / inti terpanas dengan HWiNFO dalam 5 menit berikutnya.

Pertunjukan

Pendingin CPU Corsair iCUE H115i ELITE CAPELLIX AIO

Radiator 280mm H115i ELITE CAPELLIX mampu menjaga suhu beban CPU di bawah 60 ° C, sementara lingkungan sekitar 17 ° C. Memutar kedua kipas dengan kecepatan 100% (~ 1800 RPM ), CPU rata-rata pada 54 ° C dan diakhiri pada 56 ° C dengan inti terpanas. Mengurangi kecepatan kipas menghasilkan peningkatan dari 3 ° C menjadi 5 ° C. Tidak ada pelambatan termal yang diamati selama benchmark.

Pendingin CPU Corsair iCUE H115i ELITE CAPELLIX AIO

Di Cinebench R15, suhu beban mencapai hingga 60 ° C dan 59 ° C pada kecepatan kipas 50% PWM (~ 960 RPM). Kecepatan kipas yang lebih tinggi mengurangi suhu masing-masing sebesar 3 ° C dan 1 ° C.

Pendingin CPU Corsair iCUE H115i ELITE CAPELLIX AIO

Ada peningkatan 3,39% dan 4,92% untuk suhu CPU, ketika kipas berjalan dengan kecepatan penuh berada di 57 ° C dan 58 ° C.

Perbandingan

H115i ELITE CAPELLIX tidak kesulitan mengalahkan semua pendingin udara kami yang telah diuji sebelumnya, termasuk Noctua NH-D15S. Perbedaan suhu tersebut kira-kira 3°C sampai 5°C lebih rendah dari double tower cooler.

Seperti yang diharapkan, H115i ELITE CAPELLIX menjaga suhu CPU lebih dingin daripada SilverStone PF240-ARGB, karena radiatornya sedikit lebih besar (240mm vs 280mm). Bahkan berhasil mencocokkan H150i RGB PRO XT yang lebih besar di ketiga pengujian, dalam 1 ° C hingga 2 ° C dan margin kesalahan pada peralatan kami.

perangkat lunak

Pendingin CPU Corsair iCUE H115i ELITE CAPELLIX AIO

Tentu saja, H115i ELITE CAPELLIX dapat dikustomisasi melalui perangkat lunak iCUE Corsair. Antarmuka pengguna masih mirip dengan apa yang kami periksa terakhir kali. Ukuran unduhan perangkat lunak ini sekitar 470 MB dan menjadi 1639 MB setelah penginstalan. perbarui versi perangkat lunak dan firmware, dan sesuaikan kecerahan LED di menu pengaturan.

Perangkat lunak iCUE dibagi menjadi lima bagian di bilah sisi. “PENGATURAN PENCAHAYAAN” memungkinkan Anda mengubah urutan kipas Anda. Jika Anda memiliki beberapa kipas yang terhubung ke sistem, masing-masing kipas akan menyalakan LED berwarna berbeda untuk membantu Anda membedakannya dalam perangkat lunak. Bagian “LIGHTING EFFECTS” adalah tempat Anda mengontrol pencahayaan RGB. Ada total 21 zona pencahayaan pada blok CPU dan 8 zona pada setiap kipas ML140, yang dapat disesuaikan secara individual. Sejumlah efek yang dimuat sebelumnya disertakan, seperti gelombang pelangi, hujan strobo, dan tenda. Tab tambahan “HARDWARE LIGHTING” dapat ditemukan, bahwa setiap perubahan di dalamnya akan disimpan dalam memori onboard dan tidak memerlukan perangkat lunak iCUE untuk berjalan di latar belakang. Tetapi memiliki opsi penyesuaian yang terbatas. Di bawah “PERFORMANCE”, Anda dapat menerapkan dan membuat profil RPM baru untuk pompa air dan kecepatan kipas, berdasarkan suhu komputer.

Pendingin CPU Corsair iCUE H115i ELITE CAPELLIX AIO

Anda juga dapat mengubah pencahayaan ke warna tertentu untuk memberi tahu Anda atau mematikan sistem dengan aman saat suhu CPU tinggi.

Unit sampel pertama kami tidak dapat dideteksi oleh perangkat lunak iCUE, meskipun blok CPU menerima daya dan pompa sedang berjalan. Corsair dengan cepat memperbaiki unit pengganti untuk kami dan mereka menduga mungkin ada kegagalan perangkat keras di blok CPU atau Commander CORE Controller. Kami dapat mengkonfirmasi spekulasi Corsair, bahwa kami mendapatkan pengontrol yang salah dari sampel asli. Baik H115i ELITE CAPELLIX AIO asli dan yang diganti dapat dideteksi oleh iCUE, ketika terhubung ke pengontrol baru.

kesimpulan

Membongkar Rekomendasi Perawatan

iCUE H115i ELITE CAPELLIX adalah pendingin AIO solid lainnya dari Corsair, dengan kinerja pendinginan yang sangat baik di semua tolok ukur. Suhu tetap sekitar 60 ° C, bahkan jika itu adalah CPU yang di-overclock dengan TDP sekitar 135 watt. Pendingin udara menara ganda yang besar, berkat efisiensi pendinginan cairan yang lebih baik. Seperti biasa, kualitas pembuatan blok CPU dan radiator sangat baik.

LED CAPELLIX yang baru diimplementasikan, bersama dengan kipas ML140 RGB, menciptakan efek pencahayaan yang benar-benar menakjubkan. Perangkat lunak iCUE berisi semua fungsi yang Anda perlukan untuk menyesuaikan pendingin AIO, mulai dari efek pencahayaan RGB hingga pemantauan kecepatan dan suhu. itu diperlukan untuk terus berjalan di latar belakang, serta memiliki setidaknya 1,6GB ruang penyimpanan untuk dipasang.

H115i ELITE CAPELLIX dibanderol dengan harga $169,99 USD (MSRP), dengan garansi 5 tahun. Ini adalah produk premium dalam segala hal dan termasuk hub / pengontrol kipas Commander CORE. Harganya sekitar $30 USD lebih mahal dari generasi sebelumnya H115i RGB PRO XT, tetapi harganya sama dengan H115i RGB PLATINUM. Sebagai perbandingan, NZXT X63 RGB dan Fractal Design Celsius + S28 Prisma dibanderol dengan harga $179,99 USD (MSRP).

H100i ELITE CAPELLIX (240mm) dan H150i ELITE CAPELLIX (360mm) masing-masing dibanderol dengan harga $149,99 USD dan $189,99 USD (MSRP).

Anda dapat membeli pendingin dari pengecer lokal / online Anda atau tautan di bawah ini dari Amazon dan Newegg.

Terima kasih Corsair telah menyediakan pendingin untuk kami tinjau. (Ulasan sampel)

Jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah, jika Anda memiliki pemikiran tentang situs web ini. Bagikan situs web ini jika Anda ingin membacanya. Berlangganan buletin kami atau ikuti kami Indonesia, Facebook dan Instagram.

Dukung situs web ini hanya dengan berbelanja di Amazon dan Newegg. Anda akan memberi kami komisi kecil jika Anda menggunakan tautan afiliasi di atas untuk melakukan pembelian, yang akan membantu kami berkembang.

Artikel Terkait