SilverStone IceGem 240P AIO CPU Cooler Membongkar dan Meninjau

Pendingin CPU AIO SilverStone IceGem 240P

Seri Permafrost, yang kami ulas sebelumnya, adalah pendingin CPU AIO yang hebat dan terjangkau dari SilverStone. Perusahaan kemudian merilis model lain dengan basis kontak CPU yang lebih besar untuk prosesor HEDT, yang disebut seri IceGem.

membongkar

Pendingin CPU AIO SilverStone IceGem 240P

Pendingin CPU AIO seri IceGem tersedia dalam ukuran 240mm, 280mm, dan 360mm. Model khusus kami adalah IceGem 240p (SST-iG240P-ARGB). Pendingin dikemas dalam kotak karton biru dan putih panjang. Beberapa fitur disorot dalam daftar dan gambar multibahasa. Daftar spesifikasi terperinci juga dapat ditemukan dengan informasi seperti dimensi fisik dan kecepatan pompa/kipas.

Pendingin CPU AIO SilverStone IceGem 240P

Menempatkan semuanya dalam baki kardus yang dapat didaur ulang adalah standar industri untuk pendingin cair AIO. SilverStone menempatkan sepotong styrofoam tipis di atasnya dan mengemas semua aksesori dalam kantong plastik terpisah untuk perlindungan ekstra.

Pendingin CPU AIO SilverStone IceGem 240P

Kotak termasuk beberapa manual pengguna, tabung kecil senyawa termal, dan dua kipas pendingin 120mm. Ada kabel Y-PWM 4-pin, pengontrol ARGB, dan beberapa kabel ARGB 3-pin. IceGem 240P kompatibel dengan soket CPU terbaru dari AMD dan Intel, seperti AM4 / sTRX4 / TR4 dan LGA 115x / 1200/2066.

Pendingin CPU AIO SilverStone IceGem 240P

Pendingin CPU AIO SilverStone IceGem 240P

Seperti namanya, IceGem 240P memiliki desain blok CPU yang terlihat sangat menarik. Blok ini memiliki pelat atas plastik berbentuk permata atau berlian, memungkinkan LED RGB yang dapat dialamatkan untuk bersinar. Pompa air menggunakan motor tiga fase enam kutub yang sama dengan PF240-ARGB, yang dapat membantu mengurangi kebisingan pengoperasian dan meningkatkan efisiensi energi. Itu dinilai berputar hingga 3000 RPM dan berputar sekitar 2800 RPM di tolok ukur kami.

Pendingin CPU AIO SilverStone IceGem 240P

IceGem 240P memiliki basis kontak CPU tembaga non-nikel yang sedikit dipoles, dengan panjang 70mm dan lebar 53mm. Bekas pemesinan kecil masih terlihat di permukaan. Basis ini dirancang khusus untuk sepenuhnya menutupi penyebar panas (IHS) prosesor desktop kelas atas (HEDT) di soket SP3 / sTRX4 / TR4 AMD dan Intel LGA 2011/2066.

Pendingin CPU AIO SilverStone IceGem 240P

IceGem 240P memiliki radiator aluminium tebal 240mm khusus untuk meningkatkan kapasitas pendinginan. Kabinet dengan panjang 273mm, lebar 120mm, tebal 38mm menampung 13 baris sirip pendingin, dengan kerapatan sirip sekitar 20-21 sirip per inci (FPI).

Pendingin CPU AIO SilverStone IceGem 240P

Pipa karet dikepang EPDM (Ethylene Propylene Diene Monomer) memiliki panjang sekitar 400mm dan diameter 13mm, yang fleksibel dan cukup panjang agar sesuai dengan sebagian besar casing PC.

Pendingin CPU AIO SilverStone IceGem 240P

IceGem 240P dipasangkan dengan dua kipas 120mm (APA1225H12) untuk pendinginan. Mereka memiliki lebih banyak bilah kipas (11 vs 9) dan bingkai yang lebih persegi daripada Air Blazer 120R, meskipun memiliki nomor model yang sama. Kipas dilengkapi dengan bantalan hidrolik dengan MTBF 40.000 jam. Ini dapat berputar dari 600 RPM hingga 2200 RPM, yang dapat menghasilkan aliran udara hingga 93,4 CFM dan tekanan udara 3,18 mmH2O. Ada bantalan anti-getaran karet di setiap sudut. Delapan LED ARGB dipasang di sekitar hub motor.

Pendingin CPU AIO SilverStone IceGem 240P

Ada tiga kabel yang keluar dari blok CPU. Konektor 3-pin adalah untuk memberikan daya ke pompa air. Dua kabel lainnya untuk pengontrol dan kipas untuk pencahayaan RGB.

Pelat atas potongan berlian dari blok CPU IceGem 240P menciptakan tampilan unik dan berkilau yang memantul dan memantulkan pencahayaan RGB. Bilah kipas tembus cahaya juga menerangi dan menyebar secara merata. Ada sedikit atau tidak ada titik pencahayaan. Transisi antara efeknya mulus.

Memeriksa

Kami telah memperbarui tes pendingin CPU kami untuk lebih mencerminkan kinerja pendinginan pendingin di dunia nyata.

Metodologi pengujian

Untuk mengetahui cara kerja chiller, total tiga tolok ukur disertakan. AIDA64 digunakan untuk menjalankan tes stres CPU. CPU, FPU, dan cache sistem semuanya ditekankan untuk menghasilkan output panas sebanyak mungkin. Selain itu, Cinebench R15 dan Cinebench R20 digunakan untuk mensimulasikan beban CPU dunia nyata (seperti pengeditan atau rendering video). Ini akan berjalan terus menerus tiga kali. Suhu lingkungan sekitar 25 ° C.

Hasil akan diambil pada kecepatan kipas 50% dan 100%, dikontrol melalui header PWM CPU motherboard. Tes stres akan berjalan setidaknya selama 15 menit. Setelah CPU mencapai suhu keseimbangan, kami akan mencatat suhu rata-rata dan tertinggi. paket CPU / inti terpanas dengan HWiNFO dalam 5 menit berikutnya.

Pertunjukan

Pendingin CPU AIO SilverStone IceGem 240P

Suhu sekitar sekitar 25 ° C selama benchmark. IceGem 240P mampu mempertahankan suhu CPU sekitar 70 ° C. Pada kecepatan kipas 100% (~ 1900 RPM), suhu rata-rata paket CPU adalah 70 ° C, dengan maksimum 72 ° C. Menurunkan kipas hingga 50% Kecepatan PWM (~ 1300 RPM) menghasilkan peningkatan 1 ° C hingga 2 ° C di ketiga pengukuran. Tidak ada pelambatan termal yang diamati.

Pendingin CPU AIO SilverStone IceGem 240P

Kami mendapatkan hasil serupa di Cinebench R15: suhu paket CPU tertinggi adalah 75 ° C, dan turun dari 2 ° C menjadi 73 ° C saat kipas berjalan dengan kecepatan penuh.

Pendingin CPU AIO SilverStone IceGem 240P

Di Cinebench R20, suhu di bawah beban mencapai hingga 75 ° C dan 74 ° C pada kecepatan 50% PWM. Kipas yang lebih cepat menghasilkan penurunan 2 ° C untuk suhu paket CPU.

Perbandingan

Seperti yang Anda lihat dari grafik di atas, IceGem 240P tertinggal di belakang PF240-ARGB dari 1 ° C hingga 2 ° C di antara tiga tolok ukur kami. Itu bolak-balik melawan pendingin udara menara tunggal 140mm seperti Noctua NH-U14S dan CRYORIG R5.

Kami awalnya mengira sampel kami rusak dan segera menghubungi SilverStone. Menurut perusahaan, basis kontak IceGem 240P yang lebih besar dioptimalkan untuk prosesor yang lebih besar seperti AMD Ryzen Threadripper dan Intel Core X-Series. Panas terkonsentrasi hanya di satu bagian motherboard dan tidak dapat ditransfer secara efisien, jika diuji dengan CPU yang lebih kecil (seperti Intel Core i7-9700K kami), menyebabkan suhu beban meningkat.

Untuk memperbaharui: Selama pengujian kami sebelumnya, kami tidak menyadari bahwa pelat tembaga besar IceGem 240P mengganggu kapasitor motherboard di sekitar soket CPU. Hal ini mengakibatkan tekanan pemasangan yang tidak mencukupi atau tidak merata untuk pendingin, dan kinerja termal yang lebih buruk dari yang diharapkan. sekarang mereka telah mengulang tolok ukur untuk menunjukkan hasil yang diperbarui.

kesimpulan

Membongkar Rekomendasi Perawatan

Karena kami tidak memiliki prosesor yang lebih besar untuk menguji IceGem 240P, kinerja yang lebih dingin tidak dapat direpresentasikan dengan jelas dan dapat dibenarkan dalam tolok ukur kami. Ini bukan SilverStone atau kesalahan produk, tetapi saya pikir perusahaan dapat memberikan sedikit pemberitahuan pada halaman produk atau kemasan untuk menginformasikan pelanggan dengan lebih baik dan menghindari pengalaman pengguna yang tidak diinginkan. Performa pendinginannya sedikit tertinggal dari PF240-ARGB yang lebih dioptimalkan (untuk platform LGA 115x). Secara keseluruhan, pendingin ini dibuat dengan kokoh dengan desain blok CPU yang khas. Pencahayaan RGB cerah dan hidup.

IceGem 240P dibandrol dengan harga $139,99 USD (MSRP) dengan garansi 3 tahun. Hanya ada segelintir pendingin cair AIO di pasaran, yang dirancang khusus untuk CPU Threadripper dengan blok penutup penuh / motherboard. $ 20 lebih mahal daripada Enermax LIQTECH TR4 II seharga $ 119,99 (MSRP), yang hanya mendukung soket CPU AMD SP3 / sTRX4 / TR4 secara eksklusif, tidak termasuk kipas pendingin RGB yang dapat dialamatkan dan radiator yang lebih tebal. Jika Anda tidak memiliki prosesor HEDT, saya sangat menyarankan Anda mendapatkan PF240-ARGB. Jika tidak, IceGem 240P mungkin masih menjadi pilihan yang layak untuk dipertimbangkan, terutama jika Anda memiliki rencana untuk segera meningkatkan dari platform utama.

* Versi 280mm dan 360mm masing-masing dihargai $ 159,99 dan $ 169,99 (MSRP).

Anda dapat membeli kipas dari pengecer lokal / online Anda atau tautan di bawah ini dari Amazon atau Newegg.

Terima kasih SilverStone telah menyediakan kami dengan kabinet untuk ditinjau. (Ulasan sampel)

Jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah, jika Anda memiliki pemikiran tentang situs web ini. Bagikan situs web ini jika Anda ingin membacanya. Berlangganan buletin kami atau ikuti kami Indonesia, Facebook dan Instagram.

Dukung situs web ini hanya dengan berbelanja di Amazon dan Newegg. Anda akan memberi kami komisi kecil jika Anda menggunakan tautan afiliasi di atas untuk melakukan pembelian, yang akan membantu kami berkembang.

close
Shopee Promo