News

Video Viral Perang Rusia-Ukraina Yang Palsu

Seperti yang kita semua tahu, ada konflik besar antara Rusia dan Ukraina. Berkat media sosial, orang-orang di seluruh dunia telah menyaksikan konflik ini dengan sangat cermat. Namun, banyak foto dan video palsu juga muncul yang mengklaim rekaman dari perang Rusia-Ukraina.

Di saat-saat tegang seperti ini, berita palsu tersebar luas, jadi lebih baik berhati-hati. Karena itu, kami telah mengumpulkan daftar semua video palsu yang menjadi viral di media sosial.

Video viral palsu dari Perang Rusia-Ukraina

Rudal anti-pesawat Ukraina

Banyak pengguna di Twitter telah membagikan rekaman ini sebagai video asli. Mereka mengklaim itu adalah “Ukraina meluncurkan rudal anti-pesawat ke malam hari.”

Namun, sebenarnya itu dari video game War Thunder. Melewati video game sebagai cuplikan perang sebenarnya bukanlah hal baru. Hal-hal seperti ini telah dilakukan berulang kali.

Pesawat Rusia terbang di atas Kyiv (ibukota Ukraina)

Video asli

Video viral lain yang menunjukkan beberapa pesawat terbang di atas kota telah menjadi viral di Twitter. Beberapa pengguna mengklaim ini adalah pesawat Rusia yang terbang di atas Kyiv (ibukota Ukraina). Namun, video tersebut adalah cuplikan lama dari pertunjukan udara 2020 di Moskow.

Video aslinya diunggah ke YouTube pada 4 Mei 2020. Pemeriksa fakta dari Draf Pertama juga diklaim videonya dari tahun 2020.

Gadis muda Ukraina menghadapi tentara

Video asli

Video lain yang viral di TikTok dan Twitter menunjukkan seorang gadis Ukraina berhadapan dengan seorang tentara Rusia. Video tersebut telah mengumpulkan jutaan tampilan di kedua platform. Kenyataannya, video tersebut berasal dari tahun 2012 tentang seorang gadis Palestina pemberani yang menghadapi seorang tentara Israel karena menangkap kakak laki-lakinya.

Pertarungan bom molotov di Kyiv

koktail molotov rusia ukraina

Sebuah video yang menunjukkan warga Kyiv melawan infanteri bermotor Rusia dengan bom molotov telah menjadi viral. Namun, video sebenarnya adalah dari protes Euromaidan pada tahun 2014.

Namun, Kementerian Pertahanan Ukraina telah menginstruksikan penduduk di Kyiv untuk membuat bom molotov. Tapi tidak ada bukti yang mendukung fakta bahwa penduduk Kyiv menggunakan bom molotov pada tentara Rusia.

Ukraina menembak jet Rusia

rusia-ukraina-arma-3

Beberapa video menunjukkan pesawat Rusia ditembak atau dijatuhkan bom viral di media sosial. Satu video menunjukkan seorang pilot Ukraina menembak jatuh sebuah jet tempur Rusia. Video lain menunjukkan jet tempur Rusia menghindari tembakan anti-pesawat.

Namun, sebagian besar video ini berasal dari game bernama ARMA 3. Sebelumnya, media Rusia telah mengesahkan video dari game sebagai cuplikan perang yang sebenarnya.

Rusia mengebom Ukraina

Video asli

Banyak bagian Ukraina telah mengalami pengeboman oleh militer Rusia. Namun, beberapa rekaman yang dibagikan di media sosial adalah pengeboman di masa lalu. Salah satu video viral tersebut berasal dari kebakaran di Tianjin, China, pada tahun 2015.

Video viral palsu lainnya beredar setelah ledakan di sebuah gudang di Beirut pada tahun 2020. Beberapa akun Twitter telah membagikan video ini di media sosial dengan jutaan penayangan.

Saat-saat genting seperti ini, media sosial cukup rawan dengan berita bohong yang terkesan sah. Banyak cerita palsu juga muncul mengenai perang Rusia-Ukraina. Kami menyarankan agar pengguna selalu memeriksa apakah informasi tersebut berasal dari sumber yang memiliki reputasi baik atau tidak.

Artikel Terkait