News

Twitter Luncurkan Layanan Tor Untuk Melewati Sensor Rusia

Dalam menghadapi sensor pemerintah Rusia yang berkembang, Twitter baru-baru ini meluncurkan layanan Tor untuk warga yang ingin melewati pembatasan. Sementara itu, raksasa teknologi itu tidak terlalu vokal tentang hal itu, dan langkah itu datang dengan agak diam-diam.

Pada hari Selasa, 8 Maretth2022, Alec Muffett, pakar keamanan siber dengan sejarah panjang bekerja dengan The Tor Network, mengumumkan bahwa Twitter meluncurkan layanan Tor Onion-nya sendiri. “Ini mungkin tweet paling penting dan paling ditunggu-tunggu yang pernah saya buat,” tulisnya di Twitter. Dengan demikian, mengumumkan layanan Twitter Tor yang baru diluncurkan untuk Rusia untuk membantu mengakses situs media sosial melawan sensor Rusia.

Tweet selanjutnya berbunyi, “Atas nama @IndonesiaSaya senang mengumumkan mereka yang baru @aashishProyek Tor layanan bawang.” Selanjutnya, tweet Alec juga memberikan alamat untuk Twitter Onion yang baru diangkat; bagi yang mencari, ini linknya. Sementara itu, pengguna yang ingin mengakses Twitter versi Tor Onion harus menginstal browser Tor gratis.

Sedikit tentang Tor

Twitter-tor-Bawang
Tangkapan layar: Twitter Tor Bawang

Untuk yang belum tahu, layanan Tor Onion lebih dikenal sebagai layanan Web Tersembunyi atau Gelap, terutama di kalangan rakyat biasa. Jaringan Tor membantu pengguna menyembunyikan identitas mereka menggunakan metode enkripsi yang mengarahkan lalu lintas web melalui serangkaian server. Ini semakin mempersulit untuk mengidentifikasi informasi apa pun tentang pengguna dan aktivitas mereka di atas Tor.

Langkah ini datang sebagai keuntungan bagi warga Rusia yang ingin mengakses Twitter. Dalam seminggu terakhir, lonjakan orang Rusia yang melompat untuk mendapatkan VPN juga dilaporkan. Sebaliknya, itu tergantung pada berapa banyak pengguna yang dapat mengakses versi Tor Twitter di Rusia. Selain itu, pemerintah dapat memblokir akses ke jaringan Tor. Sisi baiknya, pengguna terkadang masih dapat mengakses situs web yang diblokir dengan menggunakan ‘jembatan’.

Menariknya, Twitter bukan yang pertama menawarkan Tor Onion dari servernya. Namun, situs media sosial telah bergabung dengan jajaran DuckDuckGo, The New York Times, dan BBC, di antara situs web lain yang menawarkan Tor Onion.

Artikel Terkait