News

Rusia Ingin Melegalkan Pembajakan Untuk Melawan Sanksi

Rusia sedang mempertimbangkan untuk melegalkan bentuk-bentuk pembajakan tertentu dalam upaya putus asa untuk melawan sanksi yang dikenakan padanya. Karena perang Rusia-Ukraina, banyak negara telah menjatuhkan sanksi kepada Rusia. Karena ini, banyak perusahaan teknologi besar telah menghentikan operasi mereka di dalam negeri.

Rencananya adalah untuk menghapus hukuman hukum bagi orang-orang di Rusia untuk jenis pembajakan tertentu. Dalam kasus perangkat lunak, pembajakan aplikasi tertentu tidak akan dihukum. Perangkat lunak ini akan mencakup yang disetujui di Rusia, tanpa perangkat lunak alternatif yang tersedia.

Mereka juga melihat mengimpor produk dari negara lain tanpa izin pemilik kekayaan intelektual. Pemerintah Rusia juga ingin menghapus kewajiban hukum dalam kasus ini juga.

Akankah Rusia melegalkan pembajakan?

Perusahaan teknologi besar seperti Apple, Adobe, Samsung, Microsoft, dan lainnya telah berhenti berbisnis di Rusia. Karena ini, ekonomi Rusia pasti akan menderita. Putin telah mencirikan sanksi ini sebagai “tindakan perang.”

Untuk mencegah keruntuhan ekonomi seperti itu, pemerintah Rusia mempertimbangkan untuk melegalkan pembajakan. Tampaknya ini akan mempengaruhi pemilik hak cipta, paten, dan merek dagang yang berada di negara-negara yang bertindak bertentangan dengan kepentingan Rusia. Pembajakan perangkat lunak yang tidak berlisensi akan tetap ilegal, tetapi dalam banyak kasus akan menjadi tidak dapat dihukum.

Langkah Rusia menentang sanksi tersebut merupakan perubahan dari tindakan anti-pembajakan yang ketat yang telah dilakukan negara tersebut sebelumnya. Menurut Torrentfreak, ada juga panggilan untuk membuka blokir situs torrent terbesar di negara itu. Warga Rusia sudah membanjiri layanan VPN.

“Pembatalan tanggung jawab atas penggunaan perangkat lunak (SW) yang tidak berlisensi di Federasi Rusia, yang dimiliki oleh pemegang hak cipta dari negara-negara yang telah mendukung sanksi”

Kementerian Pembangunan Ekonomi Rusia

Langkah pemerintah Rusia ini mungkin menjadi pemicu yang akan membuat pembajakan menjadi norma di dalam negeri. Anda dapat melihat dokumen perencanaan dari sini.

Artikel Terkait