News

Membuka kotak dan meninjau motherboard MSI B350M GAMING PRO

Motherboard MSI B350M GAMING PRO

Motherboard MSI B350M GAMING PRO menggunakan chipset AMD B350, yang dapat mendukung APU Rzyen (Raven Ridge) baru dengan GPU terintegrasi berbasis Vega. Ini adalah motherboard berorientasi nilai dengan banyak fitur tambahan. (Motherboard B450 terbaru telah dirilis, tetapi tinjauan ini telah dilakukan sebelumnya.)

membongkar

Motherboard MSI B350M GAMING PRO

Motherboard MSI B350M GAMING PRO adalah papan microATX yang mendukung soket AMD AM4. Board ini mencakup semua fitur dari chipset B350 standar, seperti overclocking dan USB 3.1.

Kemasannya tidak berbeda dengan motherboard lain yang ada di pasaran. Nama model, logo AMD Ryzen, AM4 dan MSI menutupi sebagian besar area di bagian depan, sedangkan bagian belakang menunjukkan fitur terbaik dari motherboard.

Motherboard MSI B350M GAMING PRO

Motherboard dibungkus dan dilindungi oleh tas antistatik.

Motherboard MSI B350M GAMING PRO

Di dalam paket, Anda mendapatkan pelindung I/O biasa, dua kabel SATA 3 6Gb/s (satu lurus, satu 90 derajat), DVD driver, dan manual pengguna. Selain itu, ada panduan pemasangan cepat, lembar instruksi pada pendingin AMD bawaan, dan beberapa stiker kabel.

Motherboard MSI B350M GAMING PRO

Perisai I / O memiliki permukaan berlapis yang bagus di bagian depan, yang terasa lebih premium dan lebih cocok dengan casing PC Anda dengan warna hitam.

Motherboard MSI B350M GAMING PRO

Motherboard MSI B350M GAMING PRO

Sesuai dengan namanya “GAMING”, motherboard ini dibekali dengan beberapa aksen merah pada VRM dan heatsink chipset, slot utama PCIe x16, dan slot RAM. Seperti soket AMD lainnya di pasar konsumen, AM4 adalah soket kekuatan penyisipan nol. Ini berarti bahwa pin kontak ada di CPU itu sendiri (PGA).

Konektor daya motherboard 24-pin ada di sisi kanan, sedangkan konektor daya CPU 8-pin ada di sudut kiri atas. Ada dua slot RAM DDR4 di sebelah soket CPU, mendukung total memori DDR4 32GB dengan clock 1866 MHz hingga 3200 (OC) + MHz dalam saluran ganda.

Tiga header kipas PWM 4-pin dapat ditemukan di papan, semuanya dapat dikontrol melalui BIOS. Sebuah pelat belakang juga disertakan.

Motherboard MSI B350M GAMING PRO

Di bagian belakang I/O terdapat port combo PS/2, dua port USB 2.0, dan empat port USB 3.1 Gen 1. Semua port USB berukuran penuh Tipe A, bukan Tipe C. Untuk output tampilan, ada Satu port VGA, port DVI-D dan port HDMI. Anda juga mendapatkan port Gigabit Ethernet RJ-45 dan tiga jack audio untuk mikrofon, headset, dan speaker.

Motherboard MSI B350M GAMING PRO

Header internal USB 3.1 Gen 1 (USB 3.0) di bagian bawah, serta header LED 12V RGB.

Motherboard MSI B350M GAMING PRO

Di kanan bawah papan terdapat total empat port SATA 3 6Gb / s, dua di antaranya diputar 90 derajat untuk memudahkan akses dan perutean kabel.

Motherboard MSI B350M GAMING PRO

Slot PCIe 3.0 x16 utama berada di antara dua slot PCIe 2.0 x1, dengan braket baja yang diperkuat untuk menahan kartu grafis yang lebih berat. Juga, ada slot M.2 untuk PCIe 3.0 x4 (prosesor Ryzen) atau SSD SATA. Mendukung Perangkat Penyimpanan Kunci M 2242/2260/2280.

Memeriksa

Sistem pengujian:

  • CPU: AMD Ryzen 5 1600X 3,6 GHz (95 W TDP)
  • Motherboard: motherboard MSI B350M GAMING PRO
BIOS

BIOS motherboard menawarkan antarmuka UEFI yang sangat mirip, jika tidak persis sama, dengan motherboard MSI kelas atas yang lebih mahal, dan cukup sederhana untuk digunakan dan dinavigasi.

Motherboard MSI B350M GAMING PRO

Ini adalah mode EZ, di mana Anda dapat dengan cepat mengubah beberapa pengaturan dasar, seperti perintah boot penyimpanan.

Motherboard MSI B350M GAMING PRO

Anda perlu menekan tombol “F7” untuk masuk ke mode lanjutan, di sinilah Anda dapat mengontrol pengaturan overclocking CPU dan RAM.

kinerja CPU

Motherboard MSI B350M GAMING PRO

Ryzen 5 1600X tampil seperti yang diharapkan pada motherboard MSI B350M GAMING PRO sebagai hasil non-overclock lainnya. Di Geekbench 4, kami mendapat skor single-core 4048 dan skor multi-core 18004.

Motherboard MSI B350M GAMING PRO

Di Cinebench R15, 1600X mencapai skor 1228 pada kecepatan clock standar.

Overclocking

Papan menggunakan desain VRM fase 3 + 2. Untuk CPU khusus kami, kami dapat membawa kecepatan clock menjadi sekitar 3,8 GHz hingga 3,9 GHz ketika tegangan diatur ke sekitar 1,35 V, dengan pendinginan yang tepat.

kesimpulan

Membongkar Rekomendasi Perawatan

Motherboard MSI B350M GAMING PRO adalah motherboard berorientasi nilai untuk platform CPU / APU AMD Ryzen. Papan dibangun dengan layak, bersama dengan estetika “gamer” merah / hitam. Meskipun harganya lebih murah, MSI berhasil mengemas beberapa fitur berguna di dalam motherboard, seperti slot SSD M.2 berkecepatan penuh.

Output video terintegrasi menjadikan board ini pendamping yang sempurna untuk APU Raven Ridge, seperti Ryzen 3 2200G dan Ryzen 5 2400G. BIOS bahkan akan memungkinkan pengguna untuk meng-overclock GPU terintegrasi untuk kinerja tambahan.

Papan ini dibanderol dengan harga $79,99 (MSRP), yang sangat terjangkau. Anda mendapatkan semua yang Anda butuhkan untuk memberi daya dan meng-overclock CPU / APU Ryzen Anda, serta fitur tambahan seperti slot PCIe yang diperkeras. Namun perlu diingat bahwa port USB 3.1 Gen 2 atau USB Type-C tidak dapat ditemukan di board ini. Bahkan sekarang motherboard B450 dirilis, ini masih merupakan papan anggaran yang cukup solid, jika Anda dapat menemukan kesepakatan yang bagus.

Anda dapat membeli motherboard dari pengecer lokal / online Anda atau tautan di bawah ini dari Amazon.

Jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah, jika Anda memiliki pemikiran tentang situs web ini. Bagikan situs web ini jika Anda ingin membacanya. Berlangganan buletin kami atau ikuti Google+, Facebook, dan . kami Indonesia.

Dukung situs web ini hanya dengan berbelanja di Amazon. Anda akan memberi kami komisi kecil jika Anda menggunakan tautan afiliasi di atas untuk melakukan pembelian, yang akan membantu kami berkembang.

Artikel Terkait