Masyarakat perkotaan mengonsumsi barang dan jasa lebih banyak daripada masyarakat perdesaan perbedaan ini terjadi karena a. masyarakat perkotaan memiliki perilaku konsumtif yang dipengaruhi tingkat pendapatanb. masyarakat sulit memenuhi kebutuhan hidupnya sehingga mendatangkan dari luar kotac. masyarakat perkotaan umumnya memiliki jumlah anggota keluarga yang lebih besard. masyarakat perkotaan mampu memproduksi alat kebutuhan hidup sendiriplease bantu:)

Berikut adalah jawaban terbaik yang telah IowaJournalist.org kurasi untuk Anda:


Jawaban:

Masyarakat perkotaan mengkonsumsi barang dan jasa lebih banyak daripada masyarakat pedesaan. Perbedaan ini terjadi karena adalah Masyarkat perkotaan memiliki perilaku konsumtif yang dipengaruhi tingkat pendapatan (A).

Pembahasan

Masyarakat ialah suatu kumpulan orang-orang yang hidup secara berdampingan dan membentuk suatu sistem, baik semi tertutup maupun semi terbuka. Berdasarkan letak wilayah tempat tinggalnya, masyarakat dibedakan menjadi masyarakat perkotaan serta masyarakat pedesaan.

Masyarakat pedesaan ialah masyarakat yang masih sederhana, belum adanya pembagian kerja serta belum adanya pembentukan struktur-stukrur organisasi. Adapun ciri-ciri masyarakat pedesaan atau masyarakat desa, antara lain :

1. Masyarakatnya hidup dengan keagamaan yang sangat kental.

2. Lebih mementingkan dan mengutamakan kebersamaan.

3. Masyarakat desa cenderung homogen.

4. Penghasilan yang didapatkan sebagian besar masyarakatnya adalah dari pertanian.

Masyarakat perkotaan ialah masyarakat pendatang yang berasal dari berbagai wilayah desa. Masyarakat perkotaan memiliki sifat heterogen serta majemuk, hal ini dikarenakan orang-orang didalamnya memiliki jenis pekerjaan yang beragam, serta memiliki latar belakang budaya serta agama yang berbeda pula. Adapun ciri-ciri masyarakat perkotaan, antara lain :

1. Kurang memiliki kehidupan yang beragama, atau berkurangnya kehidupan keagamaan.

2. Memiliki sifat individualisme atau kehidupan yang tidak memerlukan orang lain dan melakukan kegiatannya dengan sendiri.

3. Ditemukan pembagian kerja serta batas-batas kerja yang tegas dan nyata.

4. Memiliki perilaku konsumtif.

Pelajari Lebih Lanjut

Okay adik-adik! Demikianlah jawaban dari kakak, Semoga bisa membantu dan bermanfaat yaa!! Semangat belajarnya adik-adik. Nah untuk menambah dan memperluas pengetahuan adik-adik tentang materi lainnya, kalian bisa buka link di bawah ini :  

Baca tentang “cabang ilmu sosiologi yang mempelajari tentang kepadatan penduduk dan interaksi masyarakat lingkungan kumuh dipinggiran sungai adalah” di brainly.co.id/tugas/20259918  

Cek juga tentang soal ini “jelaskan 3 ciri fisik dan ciri sosial desa dan kota” di brainly.co.id/tugas/12081685  

Baca juga mengenai “dinamika aspek sosial dan budaya masyarakat perkotaan dalam kesehatan masyarakat” di brainly.co.id/tugas/20880396  

Semoga berhasil dan Jangan lupa jadikan JAWABAN TERBAIK ya!!!

Detail Jawaban

Kelas : 7

Pelajaran : IPS

Kategori : Bab 2 – Keadaan Penduduk Indonesia

Kode : 7.10.2002

Kata Kunci :  masyarakat, kota, desa, perkotaan, pedesaan, ciri, konsumtif, heterogen, homogen, perbedaan.


#IowaJournalist | #Indonesia | #PastiBisa | #PintarBelajar | #DuniaBelajar | #Pendidikan | #Sekolah | #AyoBelajar | #TanyaJawab | #AyoMembaca | #AyoPintar | #KitaBisa | #DuniaPendidikan #IndonesiaMaju


Sekian informasi yang dapat IowaJournalist.org rangkumkan mengenai tanya-jawab yang telah Anda ajukan dan cari. Jika kalian membutuhkan informasi lainnya, silahkan pilih kategori Pendidikan.

Semoga rangkuman di atas bisa bermanfaat untuk teman-teman semua dalam mencari jawaban.