Game

Apa itu VRR? Segalanya Tentang Teknologi Ini

VRR adalah salah satu dari banyak akronim TV yang ada di pasaran saat ini. Apa lagi, Anda mungkin bertanya? Nah, ada ALLM dan HFR; namun, di luar kelompok itu, VRR-lah yang memberikan pukulan dan yang paling penting untuk diketahui dari semuanya. Selain itu, penting untuk mengetahui istilah-istilah ini untuk mendapatkan ide yang lebih baik tentang TV game mana yang akan dibeli, terutama untuk pemain konsol.

Sementara itu, dalam artikel ini, kami akan menjelaskan semua tentang VRR, bagaimana teknologinya bekerja dan bagaimana VRR dapat meningkatkan pengalaman bermain konsol Anda. Jadi tanpa basa-basi lagi, mari kita segera melakukannya.

Tingkat Penyegaran Variabel

‘Variable Refresh Rate’, atau VRR, sebagai teknologi yang umum dikenal, memiliki satu tujuan: untuk menghilangkan robekan layar saat bermain game di TV Anda. Untuk yang belum tahu, robekan layar mengacu pada kecepatan refresh yang tidak sinkron dari tampilan dan output konsol Anda. Sederhananya, VRR memungkinkan TV untuk menyesuaikan kecepatan refresh secara real-time untuk menyesuaikan dengan kecepatan refresh dari output konsol.

Seperti yang sering terjadi, Anda melihat video terus berjalan pada kecepatan bingkai tetap; sedangkan untuk game, refresh rate ini terus berubah. Katakanlah sebuah game berjalan pada 60fps, ketika tiba-tiba, bagian dari gameplay di mana mesin membutuhkan waktu untuk memproses grafik, yang mengarah ke penurunan frame rate.

Ini menciptakan jendela untuk robekan layar, dan di situlah Variable Refresh Rate atau VRR masuk untuk menyelamatkan hari. Namun, tidak semua TV di pasar mendukung kecepatan refresh variabel. Berarti Anda harus berhati-hati saat memilih unit Anda jika Anda khawatir kehilangan bingkai berharga itu.

VRR melalui HDMI 2.1

Sekarang setelah kita memiliki gagasan yang jelas tentang kecepatan refresh variabel dan itu berfungsi, mari kita singkirkan pertanyaan lain, VRR dan HDMI 2.1. Sebelum bergerak maju, jelas untuk menetapkan bahwa VRR bukanlah hal baru; teknologi sudah ada sejak lama. Namun, kedatangan HDMI 2.1 telah membawa kecepatan refresh variabel ke audiens yang jauh lebih besar, membuat teknologi VRR jauh lebih mudah diakses oleh pengguna.

Sementara kecepatan refresh selalu menjadi hal yang penting bagi komunitas game PC kutu buku, sekarang tidak lagi. Dengan tambahan HDMI 2.1, VRR, bersama dengan ALLM, kini menjadi bagian dari pengalaman gaming generasi berikutnya; Xbox Series S dan X Microsoft memiliki dukungan untuk kecepatan refresh variabel; untuk PS5, VRR masih hilang. Untuk bagian yang menyenangkan, VRR melalui HDMI 2.1 memberikan pengalaman keseluruhan yang lebih baik kepada pengguna. Dibandingkan dengan G-Sync NVIDIA dan FreeSync AMD, kinerja VRR melalui HDMI 2.1 lebih baik. Namun, karena dapat diakses secara luas, G-Sync NVIDIA ada di banyak TV gaming dibandingkan dengan VRR.

Dengan ini, kita sampai pada akhir edisi artikel ini. Kami yakin artikel ini akan membantu Anda memahami VRR sedikit lebih baik. Dan terakhir, sementara TV gaming yang sempurna dengan dukungan kecepatan refresh variabel belum tiba di pasar, kita dapat mengatakan bahwa itu pasti sedang dalam pengerjaan.

Jika Anda menyukai penjelasan sederhana ini, lihat bagian Bytes Pendek kami. Kami mengambil topik teknologi yang kompleks dan memecahnya menjadi artikel pendek yang mudah dipahami.

Topik Teknologi Lebih Sederhana!

Artikel Terkait